Welcome to BlogYou!

Welcome to the latest and greatest blogger template.
Start Bloggin today with a free account!

Register Now!

Mar 05

Atasi Penuaan Dini dengan Anti-Aging Medicine


penuaan dini

Definisi Penuaan Dini

Proses penuaan adalah proses alami yang akan dialami oleh setiap manusia. Proses penuaan biasanya terjadi pada usia 25 tahun, dimana fungsi-fungsi tubuh mulai berkurang. Sedangkan penuaan dini adalah proses penuaan tubuh yang tidak alami yang terjadi lebih cepat dari yang seharusnya. Banyak orang yang mulai melihat gejala penuaan dini pada usia yang relatif muda, bahkan pada usia awal 20-an. Hal ini biasanya disebabkan berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Faktor penyebab tersebut mempercepat akselerasi proses penuaan tubuh yang seharusnya terjadi secara alami.

Penyebab Penuaan Dini

Penuaan dini pada otak, sirkulasi, jantung, sendi, kulit, saluran pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh dapat dimulai kapan saja dalam kehidupan. Berbagai faktor menyebabkan tubuh memburuk, termasuk luka yang tidak kunjung sembuh, alergi, bahan kimia beracun, logam berat, gizi buruk, radiasi sinar matahari yang berlebihan, stres yang luar biasa, dan kurang beraktivitas.

Penuaan dini dapat terjadi dalam kemampuan dan penampilan fisik. Dalam kemampuan fisik yang menjadi faktor penyebab utama adalah cedera, misalnya stres pada sendi hasil dari olahraga atau latihan intensif yang cukup berat, hal itu dapat menyebabkan terjadinya artritis atau peradangan pada otot dan sendi yang lebih awal dari yang seharusnya. Karena artritis biasanya terjadi pada orang yang telah berusia 55 tahun ke atas.

Sedangkan penyebab penuaan dini dalam penampilan fisik antara lain:

1. Kurang Tidur

Sudah banyak yang tahu bahwa kurang tidur akan mengurangi penampilan terbaik kita. Kurang tidur dihubungkan dengan penuaan dini karena tubuh melihat hal tersebut sebagai bentuk stres, sehingga tubuh melepaskan hormon stres kortisol yang mengakibatkan pecahnya kolagen. Kurangnya tidur juga mengurangi jumlah hormon lain dalam pertumbuhan tubuh manusia seperti hormon yang membantu memelihara kulit dan rambut. Para ahli juga menyarankan untuk menghindari tidur tertelungkup, atau tidur dengan wajah yang menempel di bantal, karena tekanan konstan dapat menyebabkan garis-garis penuaan dini dan keriput.

2. Penyalahgunaan Zat

Penyalahgunaan zat seperti merokok, alkohol dan narkoba adalah faktor penyebab besar terjadinya penuaan dini. Memasukkan bahan kimia beracun ke dalam tubuh akan meningkatkan jumlah radikal bebas, dan mempercepat proses penuaan. Sehingga wajar, orang-orang yang merokok, minum alkohol dan memakai narkoba sering terlihat jauh lebih tua dari usia biologis mereka, misalnya zat kimia yang banyak terdapat dalam rokok dapat menyebabkan rusaknya elastisitas kulit. Penyalahgunaan zat tersebut juga mengurangi jumlah oksigen yang mencapai sel, merusak hati dan mengurangi kelembaban kulit.

3. Sinar Matahari (Ulltraviolet)

Disebut juga photoaging, memberikan pengaruh yang cukup signifikan terjadinya penuaan dini. Pada usia 23 tahun, kulit kita mulai secara alami kehilangan kolagen dan elastin, dan orang-orang yang biasa berjemur dibawah sinar matahari mempercepat proses tersebut. Waktu yang paling berbahaya untuk dihindari ialah ketika sinar ultra violet berada pada titik kulminasinya yakni antara jam 10.00-15.00.

4. Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan efek dari adanya polusi lingkungan, pemakaian air yang tercampur dengan bahan-bahan kimia, perubahan cuaca yang ekstrem serta faktor lainnya yang bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan kolagen. Radikal bebas merupakan molekul ganas yang menggerogoti sel-sel tubuh termasuk didalamnya jaringan kolagen.

Tanda dan Gejala Penuaan Dini

Terkadang penuaan dini terjadi tanpa gejala apapun sampai, tiba-tiba ada peristiwa yang fatal seperti serangan jantung, kanker, atau stroke. Di lain waktu, atrofi atau penyusutan jaringan dapat terjadi, seperti kelemahan otot karena kurangnya olahraga, selaput lendir dan kerusakan kelenjar dengan penurunan kadar hormon dan atrofi otak seperti pada penyakit Alzheimer.

Tubuh yang menua sebelum waktunya, seringkali mengirimkan pesan kepada pemiliknya bahwa itu rusak. Pesan yang paling umum adalah rasa sakit. Penyebab rasa sakit mungkin termasuk faktor-faktor seperti peradangan, ketidakstabilan sendi, suplai darah tidak mencukupi, atau tekanan dalam suatu organ atau jaringan sekitarnya.

Tanda-tanda paling awal dan paling jelas seperti rambut yang mulai rontok dan mulai membutuhkan kacamata baca karena presbiopia (ketidakmampuan untuk fokus pada objek dekat), terjadi kerutan pada kulit, munculnya flek hitam atau bercak-bercak hitam, terutama pada kulit wajah, munculnya pori-pori pada wajah yang membesar, serta garis-garis halus pada daerah wajah, sering lupa akan janji, dan sebagainya.

Definisi Anti Aging Medicine

Anti Aging adalah ilmu kedokteran yang mempelajari proses-proses penuaan, dan kemudian melakukan berbagai terobosan bagaimana agar proses penuaan tidak menjadi fatal. Anti Aging medicine atau wellnesss medicine adalah ilmu kedokteran pencegahan, yang bukan hanya sekedar kecantikan wajah, tapi kemampuan fisik secara menyeluruh.

Manfaat Anti-Aging

Untuk wanita dapat mempertahankan kesehatan, kecantikan, dan kebugaran lebih lama. Sedangkan untuk kaum pria dapat membuat tubuh lebih bugar dan bergairah walau usia bertambah. Secara sederhana, umur biologis bertambah, tapi umur kapasitas fisik tetap muda, umur boleh 60 tahun, tapi masih kuat push up, maraton, masih fungsional. Jadi dengan anti-aging akan membuat orang lebih sehat pada usia tua, menjaga kesehatan dan kehidupan ideal manusia. Menjaga fungsi organ dalam tubuh seperti jantung, hati, ginjal, kelenjar-kelenjar yang penting dan kesehatan otak, juga membuat kelenjar hormon dalam tubuh berfungsi seperti di waktu muda.

Salah Persepsi Mengenai Anti-Aging

Banyak orang yang memahami anti-aging hanya sebatas mencegah penuaan pada kulit atau penampilan fisik seperti mencegah terjadinya keriput, flek-flek hitam pada kulit dan sebagainya. Sehingga banyak orang yang hanya fokus memperbaiki dan mempertahankan penampilan luar seperti mengkonsumsi suplemen atau perawatan ke salon secara rutin untuk perawatan kulit, tata rias dan lain-lain. Tapi tidak banyak yang memahami bahwa anti-aging bukan hanya untuk itu, tapi untuk seluruh bagian tubuh tidak terkecuali organ dalam tubuh yang justru sangat vital peranannya dalam mencegah terjadinya penuaan dini. Jika organ dalam tubuh berfungsi secara optimal maka akan membuat penampilan fisik juga terlihat optimal.

Tanpa penyakit-penyakit yang timbul akibat penuaan dini, manusia sebenarnya diperkirakan bisa hidup hingga 120 tahun. Manusia mampu untuk hidup tanpa sakit dan penderitaan yang disebabkan oleh berbagai macam penyakit seperti penyakit degeneratif yang kronis.

Sayangnya, perawatan medis konvensional lebih fokus mengurangi gejala penyakit dengan obat penghilang rasa sakit dan prosedur bedah sehingga kurang memberikan perhatian pada bagaimana membalikkan proses penuaan dini, yang justru berpotensi lebih efektif dalam jangka panjang. Jika penuaan dini dapat dihentikan dan fungsi normal dibangun kembali, maka orang tidak hanya akan hidup lebih lama tetapi juga akan memiliki kualitas hidup yang lebih tinggi dengan menghilangkan rasa sakit.

Meskipun proses penyakit dan proses penuaan dapat berjalan bersamaan, tapi itu bukanlah hal yang sama. Kita bisa mendapatkan sakit dan bahkan kematian karena banyak penyakit yang biasa terjadi pada usia tua, tetapi kita tidak harus menjadi tua untuk memiliki penyakit tersebut. Dan jika kita bisa mempertahankan tingkat optimal kesehatan kita, maka kita akan bisa menjadi tua tanpa otomatis dan tak terelakkan dihukum dengan rasa sakit, ketidaknyamanan dan cacat terkait dengan banyak penyakit. Menjadi tua dan sakit bukanlah merupakan sesuatu yang dapat dipertukarkan atau bahkan bukan proses yang saling terkait erat satu sama lain. Dengan anti-aging kita tua dengan bahagia, bukan dengan banyak penyakit yang diderita.

Penuaan Otak

Berbeda terhadap kulit yang mudah kita perbaiki bila mengalami penuaan, otak kita yang sudah menua sulit untuk digantikan, bahkan kerusakan pada otak dapat berakibat fatal seperti mempengaruhi terhadap fungsi kognitif secara luas. Oleh karena itu, kita juga harus merawat organ tubuh penyimpanan segala memori ini supaya kita terlihat awet muda luar dan dalam.

Penuaan otak dapat ditandai oleh menurunnya kemampuan memahami hal-hal baru, kemampuan intelegensi dan daya ingat. Ada yang mengatakan proses penuaan ini ditandai dengan menurunnya jumlah sel yang sebenarnya dialami juga oleh organ lain. Selain itu, ada yang mengatakan pada usia 30-35 tahun mulai terjadi penurunan.

Beberapa penyebab menuanya otak yaitu karena terlalu banyak atau sedikit atau kombinasi dalam mengkonsumsi obat. Biasanya ini terjadi pada individu yang memakai obat-obatan yang berbeda dari dokter ditambah dengan mengkonsumsi obat-obatan bebas atau obat warung. Gangguan metabolisme seperti disfungsi tiroid, anemia dan defisiensi nutrisi, dapat memberikan efek negatif pada fungsi mental.

Otak sangat rentan terhadap infeksi virus, bakteri, dan jamur. Salah satunya yang dapat menimbulkan kepikunan adalah penyakit Creuz-feldt-Jacob, yang disebarkan oleh prion (salah satu bentuk protein) yang akan merusak jaringan otak. Trauma pada kepala pun rentan akan kerusakan mental baik sementara atau jangka panjang. Seperti, terjadi kebocoran darah yang kemudian mengalir ke dalam sel otak.

Kondisi ini akan terjadi setelah trauma yang minimal. Gejalanya adalah sakit kepala, lesu, dan kadang-kadang nonspesifik. Selain itu, perubahan hormonal yang menyertai bertambahnya usia juga penyebab salah satu terjadinya penuaan otak. Misalnya, kadar hormon estradiol dan progesterone yang menurun tiba-tiba, dapat mengarah ke timbulnya menopause sehingga akan kekeringan vagina, berkurang massa tulang, kulit wajah kusam, rambut rontok dan cepat letih.

Perlu diingat, selain hal-hal diatas ternyata paparan zat kimia akibat polusi maupun makanan juga penyebab kerusakaan otak misalnya, terhirupnya terus menerus karbon monoksida, aluminium, timah, nikel. Oleh sebab itu, ikan laut yang tercemar merkuri sangat membahayakan.

Dapatkan perawatan Anti Aging terbaik hanya di STANMED Center, hubungi 021-7228899

blogyou template Copyright 2009 Monev Software LLC