Welcome to BlogYou!

Welcome to the latest and greatest blogger template.
Start Bloggin today with a free account!

Register Now!

Mar 07

Sembuhkan Luka Gangrene Diabetes dengan Ozone Bagging Therapy

 

Luka gangrene atau luka diabetes melitus adalah jenis luka yang terjadi pada penderita diabetes, luka ini terjadi karena kadar gula dalam darah selalu tinggi sehingga merusak aliran darah serta syaraf yang mengakibatkan tubuh menjadi kurang sensitif terhadap rasa nyeri pada saat terjadinya luka. Penderita seringkali baru menyadari lukanya saat luka tersebut telah mengeluarkan cairan berupa nanah. Mungkin pada awalnya luka tersebut hanya tergolong luka yang ringan namun seiring dengan berjalannya waktu, luka tersebut kemudian berkembang menjadi gangrene atau borok yang penyembuhannya sulit dilakukan.

Apabila jumlah bakteri aerob dan anaerob seimbang maka luka tersebut tidak akan menjadi gangrene, akan tetapi dengan kondisi penderita diabetes yang mempunyai kadar gula darah yang tinggi, menyebabkan bakteri anaerob menjadi berkembang dan menyebabkan infeksi pada luka yang mengakibatkan luka menjadi sulit sembuh. Hal yang paling buruk adalah saat penderita harus diamputasi bagian tubuhnya yang luka untuk mencegah menyebarnya luka gangrene tersebut.

Luka yang pada akhirnya menjadi luka gangrene gejala-gejalanya adalah:

 

  • Terjadinya perubahan warna pada kulit seperti biru atau hitam
  • Rasa sakit yang diikuti dengan mati rasa
  • Muncul cairan berbau busuk
  • Pada akhirnya luka tersebut akan berbentuk seperti gangrene atau borok

 

Pasien diabetes melitus sering kali mengalami luka yang dalam pada kakinya (yang disebut sebagai ulkus) dan sulit untuk sembuh. Ulkus pada pasien diabetes memang sembuh dengan lambat dan menjadi lebih parah dengan cepat. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penyembuhan luka pada pasien diabetes mellitus adalah sebagai berikut:

Kadar Gula Darah. Kadar gula darah yang semakin tinggi akan membuat pembuluh darah menjadi kaku dan menyempit. Sirkulasi darah yang terganggu, penyempitan dan kekakuan pembuluh darah akan mengurangi aliran darah, nutrisi dan oksigen pada luka sehingga penyembuhan luka menjadi lambat. Kadar gula darah yang tinggi juga akan mengurangi fungsi sel – sel darah merah untuk membawa nutrisi pada jaringan juga mengurangi fungsi sel – sel darah putih untuk melawan infeksi.

Kerusakan Saraf (Neuropati Diabetikum). Terganggunya aliran darah dan kadar gula darah yang tinggi juga dapat merusak saraf-saraf tepi sehingga pasien merasa baal atau kebas pada tangan dan kaki. Hal ini disebut neuropati diabetikum. Karena pasien merasa baal, sering kali pasien tidak merasa nyeri dan tidak menyadari adanya perubahan pada kulit kakinya, misalnya luka atau lepuh dan baru menyadarinya saat luka menjadi dalam atau telah terinfeksi.

Gangguan Sistem Imunitas. Untuk menyembuhkan luka, tubuh Anda harus menyingkirkan jaringan rusak dan mati dan membentuk sel-sel kulit yang baru. Tugas ini dilakukan oleh sistem imunitas. Sistem imunitas juga bertugas melawan bakteri penyebab infeksi. Namun ternyata, kadar gula darah yang tinggi dapat membuat fungsi sistem imunitas tubuh menjadi tidak efisien sehingga selain penyembuhan luka jadi terganggu, luka pada pasien diabetes melitus juga rentan terhadap infeksi.

Infeksi yang tidak diatasi dengan baik akan meningkatkan risiko terjadinya kematian jaringan (gangrene) dan infeksi tulang (osteomyelitis), dan dapat berujung pada amputasi. Selain itu dapat juga terjadi sepsis yang meningkatkan risiko kematian.Untuk membantu penyembuhan luka, hindari tekanan pada luka. Jagalah kadar gula darah dalam batas normal.

Lantas, apa yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki proses penyembuhan luka ganggrene?

Selain mengontrol kadar gula darah, Anda dapat mengatasi luka gangrene dengan Ozone Bagging Therapy. Ozone Bagging Therapy adalah suatu proses terapi eksternal yang berguna untuk penyembuhan luka dimana luka pada kulit atau jaringan dibungkus dengan plastik khusus yang kemudian dimasukkan ozon ke dalam plastik tersebut sehingga luka langsung terpapar dengan ozon. Tujuan bagging terapi adalah untuk menangani kasus-kasus luka pada kaki akibat komplikasi diabetes melitus, gangguan pembuluh darah di kaki dan luka-luka akibat infeksi lainnya.

Berikut gambar ilustrasi proses Ozone Bagging Therapy

Hubungi 021-7228899 untuk info lebih lanjut mengenai terapi ini.

Author:
admin Filed Under:
ARTIKEL - Manul Book OT
E-mail Print PDF
blogyou template Copyright 2009 Monev Software LLC