Welcome to BlogYou!

Welcome to the latest and greatest blogger template.
Start Bloggin today with a free account!

Register Now!

Oct 02

Meningitis Tidak Hanya Mengancam Jamaah Haji/Umroh

 

Saat mendengar kata meningitis, ingatan kita pasti tertuju pada jamaah haji dan umroh. Namun belakangan ini penyakit mematikan tersebut justru diderita salah satu public figure, apa sich penyebab penyakit meningitis itu dan bagaimana penyebarannya?

Pengertian Meningitis

Meninges merupakan membran yang melindungi sistem saraf pusat. Penyakit meningitis adalah infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri pada meninges yang menyebabkan peradangan atau bengkak. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada saraf, otak dan juga sumsum tulang belakang. Penyebab penyakit meningitis, antara lain : mikroorganisme, kanker, luka fisik, atau pemakaian obat-obatan tertentu.  Meningitis bisa dikatakan sebagai penyakit yang sangat serius, karena terletak di otak dan tulang belakang, sehingga mengakibatkan berbagai kerusakan, dari mulai pikiran, kendali gerak, bahkan kematian.

Gejala meningitis

Gejala awal penyakit meningitis, antara lain : sakit kepala yang berat, muntah, demam tinggi, rasa kaku pada leher, mata terasa sakit saat terpapar cahaya, dan ruam kulit. Meski demikian, meningitis pada anak-anak atau bayi bisa menunjukkan gejala yang berbeda.

Siapa yang beresiko terkena meningitis?

Meningitis bisa menyerang semua orang tanpa pandang usia maupun status sosial. Berikut ini orang-orang yang beresiko terkena meningitis :

  • Bayi, karena sistem kekebalan tubuh pada bayi masih belum sempurna
  • Orang yang mempunyai gangguan kekebalan tubuh, diantaranya penderita HIV/AIDS, defisiensi, asplenia, defisiensi imunitas humoral, dan lain sebagainya.
  • Gaya hidup tidak sehat, misalnya merokok dan minum alkhohol
  • Factor sosial,  yakni orang-orang yang mempunyai kontak dengan penderita, karena penyakit meningitis bisa menular melalui bersin, udara, dan batuk.

Terdapat tiga jenis meningitis, yakni :

  • Viral meningitis, yakni yang disebabkan oleh virus dan termasuk agak ringan karena gejalanya mirip dengan flu biasa yang nantinya penderita bisa sembuh dengan sendirinya.
  • Bacterial meningitis, yakni yang disebabkan oleh bakteri meningococcal bacteria. Jenis ini tergolong berat
  • Meningitis triptokokus yakni yang disebabkan oleh jamur triptokokus dan dan bisa juga berasal dari debu yang sudah terkontaminasi kotoran unggas yang telah kering.

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa meningitis tidak hanya mengancam jamaah haji dan umroh, namun siapapun. Mengingat  bahaya penyakit meningitis ini, maka sebagai upaya pencegahan dapat dilakukan sebagai berikut ini :

  • Menjaga kebersihan tangan, terutama sebelum dan sesudah makan, serta setelah dari toilet.
  • Menjaga kebersihan dan kesehatan hewan peliharaan
  • Menjaga stamina dan daya tahan tubuh
  • Pemberian vaksin meningitis saat melakukan perjalanan keluar negeri

Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

 

 

blogyou template Copyright 2009 Monev Software LLC